Rabu, 11 Juli 2012

PERKEMBANGAN TIK ZAMAN DULU - SEKARANG


Sejarah Perkembangan TIK dari Zaman Pra Sejarah Hin

gga Sekarang


Sejarah Perkembangan TIK dari Zaman Pra Sejarah Hingga Sekarang



 

Berikut merupakan sebuah artikel tentang Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Zaman Pra Sejarah Hingga Sekarang :
Manusia sebagai mahluk sosial, membutuhkan komunikasi diantara sesamanya dan itu merupakan kebutuhan yang utama agar dapat melakukan interaksi dengan baik. Atas dasar kebutuhan tersebut, manusia berupaya mencari dan mencipta sistem dan alat untuk saling berinteraksi, mulai dari gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.
Sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengalami banyak perkembang dengan cepat dari masa ke masa. Diawali dari zaman pra-sejarah sampai zaman modern. Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu pada akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi. Semua itu dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding gua, prasasti-prasasti atau yang lainnya sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik berperang yang lebih rumit.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, yang meliputi memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas baik. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Dan Teknologi Informasi juga merupakan gabungan dari teknologi hardware (perangkat keras) dan juga teknologi software (perangkat lunak). Dalam pengembangan teknologi hardware cenderung mengupayakan ukuran yang semakin kecil tapi dengan kapasitas kualitas tinggi namun harganya diusahakan relatif semakin murah. Perkembangan yang semakin membaik ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja produktivitas suatu individu atau kelompok yaitu dengan pelaksanaannya yang cepat ,tepat, akurat, dan efisien. Dari pekembangan teknologi sampai saat ini telah memunculkan berbagai jenis kegitaan di banyak bidang yang berbasis pada teknologi elektronika, seperti pada : Pendidikan (e-education), Pemerintahan (e-government), Komersil (e- commerce),Kesehatan (e-medicine), dan masih banyak yang lainnya lagi.

Dengan menggunakan Teknologi informasi dan Komunikasi, berbagai informasi dapat disebarluaskan secara lebih cepat dan bisa diakses  oleh banyak orang. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya sehingga semua orang dapat bertukar pikiran dengan mudah. Pada era informasi ini memang jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penentu dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampung global atau Global Village. Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan yang dikenal dengan e-life, yaitu kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik.  

0 komentar:

Posting Komentar

Next Post Back to Top